Rabu, 03 Desember 2008

Blog; Antara Kebebasan Berfikir dan Peluang Bisnis

Terinspirasi oleh tulisan Haryo Prabowo, Joko Susilo dan David Odang yang diawali dengan (mohon maaf) memberikan angin surga kepada pembaca tentang bisnis di internet, ada hal yang membuat saya penasaran ketika membaca tulisan-tulisan tersebut. Diantaranya ketertarikan saya dalam membuat website pribadi (blog) apalagi hal tersebut bisa dibuat secara gratis. Memang tidak dapat dipungkiri juga bahwa niat awal saya mengetik “bisnis internet” dalam search engine Google adalah untuk mencari bisnis apa yang dapat di lakukan di internet yang bisa menghasilkan uang tetapi bukan dengan cara menipu para pembaca.
Dari kejadian tersebut saya tergerak untuk mencari informasi sebanyak mungkin tentang apa itu blog sampai ke hal-hal teknis mengenai cara membuat blog. Bagi saya, ada perspektif tersendiri tentang apa dan bagaimana itu blog. Bagi saya blog adalah sebuah media yang bisa menghantarkan ide, gagasan, pengetahuan atau hobi seseorang dalam sebuah karya tulis (dengan desain grafis tertentu) untuk bisa dipublikasikan, selain ada prestise tertentu bagi seseorang yang baru mengenal dunia Internet.

Ada dua keuntungan yang bisa kita ambil ketika kita membuat blog, pertama, ketika membuat blog kita bisa bebas berkspresi atau mecurahkan buah fikiran kita dalam bentuk sebuah karya tanpa dibelenggu oleh norma dan etika (aturan-aturan ngejelimet) yang menyulitkan kita untuk mempublikasikan karya kita (walaupun dalam hal-hal tertentu sebenarnya kita harus punya etika dalam publikasi karya kita), kalau dalam bahasa kaum intelectual hal ini bisa memberikan garansi dalam kebebasan berfikir. Ibarat sebuah rumah, kita bisa bebas sesuka hati untuk berbuat apa saja dalam rumah kita sendiri, walaupun akan ada yang tidak setuju, paling tidak mengomentari tentang rumah kita tersebut (imah aing kumaha aing…….hehe).

Kedua, kita bisa memanfaatkan blog tersebut untuk arena bisnis. Nah, kalau ini ada cara-cara tertentu yang harus dilakukan untuk bisa mengeruk sejumlah uang. Ada trik-trik khusus yang harus dilakukan tentunya, hal ini bisa diformulasikan dalam rumus Traffic + Content = Uang.

Dari uraian di atas, ada dua keuntungan yang dapat kita ambil dari blog tersebut. Pertama, kita bisa bebas berfikir dan berbuat sebagai wahana untuk melatih kemampuan kita dalam menyajikan informasi ke hadapan publik. Kedua, kita bisa menangkap peluang bisnis yang elegant. Peluang bisnis ini bisa dilakukan dalam bentuk jual beli secara langsung di internet (misalkan jual beli software) atau menciptakan suatu ketertarikan tertentu dalam blog kita yang mendorong perusahaan tertentu untuk memasang iklan dalam blog kita.
So, mari kita mulai berexpresi........................

0 komentar: